Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer Lemot / Lambat

Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer Lemot / Lambat - Komputer atau Laptop yang tiba-tiba lambat / lemot kinerjanya tentu akan sangat mengganggu aktifitas kita yang memerlukan komputer. Waktu kita tentu menjadi tersita, dan tugas atau apa yang kita kerjakan menggunakan komputer tentu akan selesai dalam waktu yang lebih lama, dan yang terparah mungkin tugas kita menjadi terbengkalai tidak terselesaikan karena Komputer / Laptop Lemot / Lambat. Semoga saja hal tersebut tidak dialami oleh para sobat pembaca blog "Belajar Komputer" ya.
Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer Lemot / Lambat
Penyebab Komputer/Laptop Lemot/Lambat bisa terjadi karena banyak hal, bisa saja dikarenakan karena software maupun karena ada kerusakan pada hardware komputer yang mengalami kendala tersebut. Dan pada tulisan kali ini admin mencoba berbagi informasi mengenai penyebab komputer menjadi lambat yang biasanya sering terjadi atau yang umum terjadi, dan juga tips atau solusi cara mengatasi komputer/laptop yang lambat tersebut. Ada beberapa kemungkinan dan juga cara mengatasinya, silakan baca ulasannya dibawah ini, semoga dapat membantu permasalahan anda.

1. Terlalu Banyak Program Yang Terinstall Pada Komputer/Laptop

Kemungkinan yang pertama adalah bahwa terlalu banyak program/software yang terinstall pada komputer anda. Silakan anda coba cek lagi program-program yang terinstall pada PC anda, jika ada yang sekiranya jarang atau bahkan mungkin tidak pernah anda gunakan, sebaiknya anda copot/uninstall program-program tersebut dengan harapan bisa membuat kinerja komputer anda kembali lancar.
Untuk cara pengecekan dan juga uninstall program tersebut, dapat anda lakukan melalui control panel, kemudian cari menu / pilihan "Add or Remove Programs".

2. Spesifikasi Komputer Lebih Rendah dari Yang dibutuhkan Program / Aplikasi

Hal ini bisa saja terjadi ketika anda menginstall sebuah program atau aplikasi namun anda tidak memperhatikan terlebih dahulu spesifikasi/spek minimum yang dibutuhkan oleh program tersebut sebelum proses instalasi. Hal yang sangat wajar jika kemudian komputer/laptop menjadi terasa lambat karena memang spek PC anda kurang mendukung untuk menjalankan program tersebut.

Anda bisa coba cek apakah PC / Komputer anda memang sudah memenuhi spesifikasi minimum yang dibutuhkan oleh aplikasi/program yang akan anda jalankan/gunakan? Biasanya informasi tersebut tersedia pada website atau pada cover CD Installer Program tersebut. Jika memang PC anda belum memadai, maka jangan pakasakan untuk menginstall aplikasi tersebut agar komputer anda tidak mengalami kendala lemot / lambat.

3. File temp. Sudah Terlalu Banyak/Besar

Ketika kita berselancar di internet, makan komputer akan menyimpan beberapa data yang mana data tersebut akan disimpan didalam folder temp. Ketika folder tersebut semakin lama semakin banyak terisi file-file, maka lambat laun bukan tidak mungkin menjadi penyebab komputer/laptop menjadi lambat. Dan solusinya, anda dapat membersihkan folder tempt tersebut. Cara yang mudah untuk melakukan pembersihan tersebut adalah dengan menggunakan software CCleaner. Anda dapat mendownload program tersebut gratis melalui link berikut ini: http://www.filehippo.com/download_ccleaner/.

4. Kerusakan Pada Hardware Komputer

Kemungkinan berikutnya penyebab komputer/laptop menjadi lambat adalah adanya kerusakan pada hardware komputer anda. Sebagai misal adalah terjadi kerusakan pada harddisk anda, yang mana harddisk mengalami yang disebut dengan "Bad Sector". Hal tersebut akan sangat berpengaruh sekali pada kecepatan kinerja komputer/laptop. Jika sudah seperti itu, mengganti harddisk yang bad sector tersebut dengan harddisk baru bisa dijadikan solusi yang mujarab.

5. Virus

Tidak hanya dalam dunia kedokteran, "virus" juga merupakan sesuatu yang akrab dengan dunia komputer yang mana dalam dunia komputer, virus identik dengan hal-hal yang kebanyakan akan merugikan pengguna atau pemilik komputer. Dan salah satu hal menjengkelkan yang dapat terjadi karena serangan virus komputer adalah komputer/laptop menjadi lemot/lambat.
Solusi untuk masalah ini adalah anda bisa coba scan komputer anda menggunakan antivirus yang up to date, atau solusi pamungkas bisa juga anda lakukan dengan cara melakukan install ulang windows anda.


Nah diatas tadi adalah 5 hal yang mungkin saja menjadi penyebab komputer/laptop menjadi lemot. Tentu bisa saja masih ada kemungkinan-kemungkinan lain yang menyebabkan komputer/laptop anda menjadi lambat kinerjanya, namun pada kesempatan ini admin hanya menuliskan 5 informasi diatas karena hal tersebut biasanya yang sering umum terjadi. Mohon koreksinya jika ada informasi yang kurang tepat dan juga tambahan informasi mengenai cara mengatasi komputer/laptop yang lambat yang sobat ketahui. Silakan sampaikan pada kolom komentar yang tersedia dibawah tulisan ini.

Sekian informasi kali ini, semoga bermanfaat bagi sobat semua.

4 comments for "Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer Lemot / Lambat"

  1. Makasih tambahan ilmunya gan..

    bagi yang berminat belajar komputer administrasi bisnis bisa dilihat di situs berikut ini http://www.computer-course-center.com/komputer-aplikasi-bisnis-dan-administrasi-perkantoran.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hirens 2018 New Generation Support HDD GPT!
      cobain open source project rancangan ane mas bro >

      IT Tools Pack Solution 2018 Rescue

      (Tersedia Acronis 2018 + Norton Ghost + Minitool Partition Wizard Technician 9.1 + DLL)

      => Tersedia Reward menarik untuk yang ingin sedikit berkontribusi

      #SalamSatuTeknologi

      Delete
  2. Jasa Service Komputer Panggilan
    Hub : 081294209696
    Email : bilawal.rifai96@gmail.com
    Web : Http://www.mataharikomputer.com

    ReplyDelete
  3. Jasa install windows jakarta barat


    jasa install windows jakarta barat kami melayani
    jasa install windows untuk wilayah jakarta barat.
    bila bapak/ibu ingin install ulang dan tidak
    mau repot repot bawa ke reparasi komputer.
    jika bapak atau ibu sibuk. silahkan hubungi kami
    maka kami akan ketempat anda.
    Hub : 081294209696





    berikut ini aplikasi yang kami install:

    Aplikasi :

    1. Adobe Reader
    2. Mozzila Firefox
    3. Google Chrome
    4. Smadav Antivirus
    5. Avast Antivirus
    6. Ccleaner
    7. Winamp
    8. Vlc Player
    7.Winrar

    Office :
    Microsft Word
    Microsft Excel
    Microsft PowerPoint

    Software(Optional)

    Adobe Ilustrator
    Adobe InDesign
    Adobe Photoshop
    Corel Draw X4

    Silahkan Hubungi Kami
    081294209696
    Bilawal.rifai96@gmail.com
    Http://www.mataharikomputer.com

    ReplyDelete

Post a Comment