Seputar Belajar Komputer, Harga Komputer, Software Komputer, dan Informasi Lainnya Seputar Komputer

10 January 2015

Maksud Perbedaan Processor Box dan Tray

Maksud Perbedaan Processor Box dan Tray - Ketika kita berkunjung ke toko komputer atau melihat daftar harga komponen komputer melalui media internet, pada bagian harga processor biasanya akan kita temukan informasi atau catatan "Box dan Tray". Nah bagi yang masih baru di dunia komputer, yang mungkin masih dalam tahapan belajar komputer, bukan tidak mungkin hal tersebut menjadi sebuah pertanyaan didalam hati. Nah pada kesempatan kali ini, admin ingin berbagi informasi mengenai perbedaan Processor Box dan Tray tersebut, dimana informasi ini admin kumpulkan dari berbagai sumber di internet.


Perbedaan utama yang terlihat dengan kasat mata antara Processor Box dan Tray terletak pada kemasannya, dimana Processor Tray dikemas dengan plastik saja, sedangkan kemasan Processor Box, sesuai dengan namanya, dikemas dan dijual dengan kondisi didalam dus yang tersegel. Dan dialam processor box tersebut didalamnya akan terdapat buku panduan / buku manual, kemudian biasanya ada sticker yang bisa ditempel pada cashing, dan sudah dilengkapi juga dengan heatsink dan fan. Jadi kita tidak perlu repot-repot lagi membeli heatsink + fan secara terpisah.
Maksud Perbedaan Processor Box dan Tray
Sedangkan pada processor tray, kelengkapan yang ada pada processor box diatas tidak disertakan, jadi jika kita membeli processor tray maka kemungkinan besar kita masih harus membeli heatsink + fan secara terpisah. Kenapa admin menulis "kemungkinan besar" ? Karena menurut informasi yang admin dapatkan ada juga toko yang menjual processor tray yang sudah dilengkapi juga dengan heatsink + fan. Namun, heatsink + fan yang disertakan pada processor/CPU Tray tersebut tidak dijamin keasliannya, entah buatan Intel/AMD atau bukan.

Dan informasi selanjutnya adalah mengenai garansi / warranty. Untuk garansi processor box, akan mendapatkan garansi resmi dari Intel langsung selama 3 tahun, sedangkan untuk processor tray hanya akan mendapatkan garansi selama 1 tahun yang mana garansi tersebut tidak diberikan langsung dari Intel, melainkan hanya garansi toko.

Lalu sebaiknya bagaimana, pilih processor box atau tray? Menurut admin, jika memang perbedaan harga processor box dengan processor tray tidak terlampau jauh, tentu saja lebih baik membeli processor box dengan segala keuntungan yang sudah disebutkan diatas yang tidak akan didapatkan pada processor jenis tray. Namun jika memang perbedaan harganya cukup mencolok dan mungkin guna menyesuaikan juga dengan budget yang anda miliki, processor tray pun bisa anda jadikan pilihan.

Sebagai tips tambahan, jika anda membeli processor box pastikan juga anda menyempatkan diri sejenak untuk memeriksa apakah barang yang akan anda terima masih dalam keadaan tersegel dengan baik, guna mengihindari hal-hal yang tidak diinginkan dan juga demi menjamin keaslian barang yang akan anda beli tersebut. Dan tips jika anda membeli processor tray, ada baiknya anda sempatkan diri untuk melakukan pengecekan atau pencarian informasi mengenai tempat atau toko dimana anda akan membeli processor tersebut. Pastikan toko tersebut dapat di percaya guna berjaga-jaga bilamana terjadi masalah dengan processor yang anda beli tersebut di lain hari.

Nah, mungkin sekian dulu informasi mengenai Maksud Perbedaan Processor Box dan Tray yang dapat admin bagikan, semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi sobat semua. Jika ada informasi yang kurang tepat atau anda ingin menambahkan informasi lainnya seputar perbedaan CPU Box dan Tray, langsung saja sampaikan melalui kolom komentar yang ada dibawah tulisan ini.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Maksud Perbedaan Processor Box dan Tray

3 comments: