Seputar Belajar Komputer, Harga Komputer, Software Komputer, dan Informasi Lainnya Seputar Komputer

29 January 2015

Cara Cloning Hardisk Sata Dengan Aplikasi EaseUS Windows

Cara Cloning Hardisk Sata Dengan Aplikasi EaseUS Windows - Halo sobat semua, pada kesempatan kali ini admin akan berbagi informasi atau tips mengenai cara mudah cloning hardisk/windows dengan menggunakan aplikasi cloning hardisk gratis, yakni EaseUS Partition Master. Cloning hardisk disini adalah proses penggandaan atau copy files dan atau program dari satu hardisk ke hardisk lainnya termasuk windows. Dengan cara cloning tersebut tentu akan menghemat waktu kita dalam meng-copy file maupun dalam proses isntall windows dan atau program-program lainnya.

Cloning Hardisk banyak digunakan oleh banyak teknisi komputer, karena dengan cara tersebut teknisi menjadi tidak harus kerepotan untuk melakukan instalasi windows atau program satu persatu di setiap komputer, apalagi jika banyak komputer yang harus di proses, seperti misal di kantor atau perusahaan, atau pada sebuah warnet. Teknisi cukup melakukan instalasi lengkap mulai dari windows dan juga program-program yang dibutuhkan pada satu komputer/hardisk, lalu proses selanjutnya tinggal digandakan atau dicopy ke hardisk komputer lainnya.

Sebenarnya sudah banyak informasi mengenai cara cloning hardisk berikut juga dengan aplikasi cloning hardisk yang digunakan. Jadi informasi yang admin sampaikan ini, kemungkinan besar sudah pernah sobat baca atau mungkin sudah sering sobat lakukan. Dan disini admin berbagi informasi cara cloning hardisk dengan menggunakan aplikasi EaseUS Partition Master, dimana cara yang admin informasikan berikut ini berdasarkan pengalaman admin dalam melakukan cloning dengan aplikasi tersebut. Nah langsung saja, berikut adalah langkah-langkah cloning hardisk menggunakan EaseUS Partition Master. Sebelumnya, jika sobat belum memiliki aplikasinya, dapat di download melalui link berikut ini: Download EaseUS Partition Master Free.

Cara Cloning Hardisk Dengan Aplikasi EaseUS

Disini admin anggap kondisi PC sobat sudah terinstall aplikasi EaseUS Partition Master, dan juga hardisk yang mau di cloning maupun hardisk tujuannya sudah terpasang.

Langkah yang pertama tentu saja langsung sobat buka aplikasi EaseUS Partition Master di PC sobat, seperti pada gambar dibawah ini.

Cara Cloning Hardisk Dengan Aplikasi EaseUS Windows

Selanjutnya akan sobat temui tampilan seperti pada gambar dibawah ini

Cara Cloning Hardisk Dengan Aplikasi EaseUS Windows

Langkah selanjutnya pilih menu "Wizard" lalu "Clone disk wizrd" seperti pada gambar dibawah ini

Cara Cloning Hardisk Dengan Aplikasi EaseUS Windows

Pada tampilan jendela selanjutnya silakan pilih "Copy disk" lalu klik "Next" seperti pada gambar dibawah

Cara Cloning Hardisk Dengan Aplikasi EaseUS Windows

Pada tampilan berikutnya silakan pilih hardisk yang akan di clone, pada contoh kali ini hardisk pertama adalah yang akan di cloning, lalu klik "Next"

Cara Cloning Hardisk Dengan Aplikasi EaseUS Windows

Tunggu sampai proses pengecekan dan analisi hardisk yang akan di cloning selesai, jika sudah complete lalu tekan tombol "Next"

Cara Cloning Hardisk Dengan Aplikasi EaseUS Windows

Pada tampilan selanjutnya adalah menu untuk memilih hardisk tujuan, dan sistem akan otomatis memilih hardisk kedua sebagai hardisk tujuannya, lalu silakan klik "Next"

Cara Cloning Hardisk Dengan Aplikasi EaseUS Windows

Pada tampilan selanjutnya, karena disini admin menggunakan hardisk tujuan / hardisk kedua yang telah terpartisi dan berisi files dan program, maka akan tampil peringatan seperti pada gambar dibawah. Jika sobat sama seperti admin, menggunakan hardisk tujuan yang sudah di partisi, silakan pilih "Delete partitions on the destination hard disk", lalu klik "Next"

Cara Cloning Hardisk Dengan Aplikasi EaseUS Windows

Tampilan selanjutnya seperti gambar dibawah, dan silakan klik "Next"

Cara Cloning Hardisk Dengan Aplikasi EaseUS Windows

Lalu pada tampilan berikutnya adalah jendela informasi mengenai hardisk tujuan, dan juga tips-tips yang dapat sobat ikuti jika terjadi kendala seperti misal hardisk tujuan tidak bisa booting dan lain sebagainya. Jika dirasa sudah mengerti dan cukup, maka silakan klik "Finish".

Cara Cloning Hardisk Dengan Aplikasi EaseUS Windows

Dan tampilan selanjutnya adalah seperti pada gambar dibawah ini, silakan klik menu "Apply" lalu "Apply Changes"

Cara Cloning Hardisk Dengan Aplikasi EaseUS Windows

Akan tampil jendela atau pop up konfirmasi, dan silakan pilih "Yes"

Cara Cloning Hardisk Dengan Aplikasi EaseUS Windows

Kembali akan tampil pop up peringatan bahwa ada proses yang membutuhkan reboot, dan kembali silakan sobat pilih "Yes"
Cara Cloning Hardisk Dengan Aplikasi EaseUS Windows

Selanjutnya komputer sobat akan reboot untuk kemudian menjalankan proses cloning hardisk. Silakan tunggu sampai dengan proses cloning complete yang biasanya komputer sobat akan kembali reboot / restast jika proses cloning telah selesai atau komplit.

Lamanya proses cloning hardisk yang berlangsung tergantung dari banyaknya files dan program yang terdapat pada hardisk sumber / hardisk yang di cloning. Semakin banyak files dan program yang ada pada hardisk yang di cloning maka waktu yang dibutuhkanpun tentu akan semakin lama, begitu pula sebaliknya jika hardisk yang di cloning tidak terlalu banyak files dan program, maka proses cloning hardisk pun akan semakin cepat selesai.

Dan jika langkah-langkah cloning hardisk dengan aplikasi EaseUS Partition Master diatas sudah sobat ikuti semua, seharusnya sobat sudah dapat atau berhasil menggandakan atau mengcopy hardisk. Jika terdapat kendala atau informasi yang kurang jelas atau kurang dimengerti langsung saja tanyakan melalui kolom komentar yang tersedia dibawah tulisan ini. Begitu juga jika ada informasi yang kurang tepat pada langkah-langkah diatas, sudilah kiranya sobat membantu mengkoreksinya agar dapat segera admin revisi. Dan sekian informasi kali ini, semoga bermanfaat untuk sobat Belajar Komputer semuanya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Cloning Hardisk Sata Dengan Aplikasi EaseUS Windows

13 comments:

  1. gan , sudah saya coba tapi hasilnya harddisk hasil cloningan nya justru gak terbaca , baik di bios ataupun masuk ke windows, , bgaimana solusinya gan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah coba diulang lagi belum gan,,
      saya sudah coba sendiri cara diatas dan sudah cukup sering melakukannya ketika maintenance pc warnet hasilnya alhamdulillah selalu lancar :)

      Delete
  2. gan, itu full clone ya?gak bisa clone satu partisi aja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan full clone pada contoh diatas

      Delete
  3. gann, kok pas select destianntion, cannot select boot disk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cek lagi mas gan kabel yang ke hdd, baik untuk hdd yang di clone maupun hdd tujuan, pastikan sudah kebaca dua2nya.

      Delete
  4. Anonymous4/3/16 13:14

    bisa untuk clone hard disk mesin foto copy kah?

    ReplyDelete
  5. Terima kasih banyak ya Om .....

    ReplyDelete
  6. wah mantab gan... btw saya juga punya artikel mengenai cloning hardisk terbaru
    dan vga terbaik 2016

    ReplyDelete
  7. Anonymous20/8/16 19:01

    Apa bisa dipakai untuk Clone sistem Windows. Misalnya untuk keperluan upgrade server. Supaya gak usah setting ulang server. PC yg baru lebih bagus dan kuat speknya dari PC yg lama. Jadi nanti di PC baru udah langsung pakai, min install driver doang. tks

    ReplyDelete
  8. croooootttt

    ReplyDelete
  9. Hello,

    Artikel ok,

    tanya,
    Sy mo Upgrade Harddisk Laptop, posisi sekarang terinstall dual boot, Win 10 dan Linux 14.0, dan file.
    OS terinstall di drive C dan file di drive D.
    Apakah bisa sy Kloning Drive C saja atau OS saja? File sy rasa tak perlu di kopi ulang, maunya hnya OS saya. dan nnatinya Harddisk yg kapasitas lbh besar tersebut yg isisnya kloning OS, mo sy pakai untuk harddisk utama....
    apa pilihan kloning atau copy partisi dipilih drive C saja? di bagian mana ya itu atau tahap mana?
    thanks..

    ReplyDelete